.

Senin, 20 Juni 2016

PENGUKUHAN DPC HAPMI KAB. TEGAL

PENGUKUHAN DPC HAPMI
KAB. TEGAL PROV. JAWA TENGAH



Hari ini Senin, 20 Juni 2016 merupakan sejarah baru bagi dunia pemberdayaan dimana Dewan Pengurus Pusat Himpunan Ahli Teknik dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (DPP HAPMI) telah mengeluarkan Surat Keputusan No.007/DPP-HAPMI/VI/2016 Tentang Pembukaan Cabang dan Pengukuhan Dewan Pengurus Cabang HAPMI Kab. Tegal Provinsi Jawa Tengah untuk periode 2016 - 2019. Dasar dari Surat Keputusan tersebut adalah pasal 20 Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART HAPMI) tentang Pengurus Daerah. Selain itu juga, berdasarkan rapat anggota HAPMI yang ada di kabupaten Tegal pada tanggal 10 Oktober 2015 dengan kesepakatan diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Dalam upaya proses transformasi sosial yang ada di desa, perlu dilakukan upaya-upaya penguatan terhadap Pemerintah Desa, Kelembagaan Lokal Desa, Penguatan Masyarakat Desa untuk melakukan kontrol sosial, Penguatan Ekonomi Produktif dan Kerjasama Antar Desa.
2.    Membangun sinergitas kerjasama dengan steakholder di tingkat Pemda dan para pelaku pemberdayaan seperti Fasilitator yang bergerak pada program Pendampingan Desa, Program Kotaku, PKH, Pamsimas, HIV AID’s, Semedo, dll yang ada di kabupaten Tegal.
3.    Dalam upaya optimalisasi dan sinergitas pemberdayaan masyarakat dari pusat hingga daerah maka perlu adanya pembentukan pengurus di tingkat daerah
4.    Disepakatinya draft susunan Dewan Pengurus Cabang Kabupaten Tegal yang terdiri dari Dewan Pembina, Pengurus Harian, 6 Bidang yang terdiri dari : Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bidang Pengembangan SDM dan Diklat, Bidang Humas dan Organisasi, Bidang Usaha / Fund Rissing, Bidang Hukum dan advokasi, Bidang Monev dan Pengembangan Informasi.
5.    Berikut daftar susunan Dewan Pengurus Cabang Kab. Tegal Provinsi Jawa Tengah :

SUSUNAN DEWAN PENGURUS CABANG
KABUPATEN TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH

Dewan Pembina
:
1.    Farid Wadji, S.Sos, M.Si
2.    Hari Nugroho, ST
3.    Idea Riseta, SP



Ketua
:
Aris Teguh Handoyo, A.Md
Wakil Ketua
:
Zaenal wildan, S.Kom
Sekretaris
:
Teguh Kristyanto, A.Md
Bendahara
:
Sugeng Haryadi, S.HI

BIdang-BIdang


Bidang Penelitian dan Pengembangan
:
1.    Beta Nurcholis Ismail, S.HI
2.    Sudadi, ST
3.    Teguh Budi Priyatno, SE
4.    Gerindo Utomo, SE

Bidang Pengembangan SDM dan Diklat
:
1.    M. Nuridin, S.Ag
2.    Widiyono, ST
3.    Joko Dwi Hartono, A.Md
4.    Mufti Awaliyatun, SE
Bidang Humas dan Organisasi
:
1.    Teguh Aris Wibowo, ST
2.    Nurdiyah Prihantini, SE
3.    Fitri Rafikasari, SE
Bidang Usaha / Fund Rissing
:
1.    Aji Agus Efendi, S.HI
2.    Imam Johari, A.Md
3.    Suhermanto, ST
4.    Siti Khasanah, A.Md
5.    Nugraheni Yudi Eviati, SH
Bidang Hukum dan Advokasi
:
1.    Slamet Rusli Azis, S.Sos
2.    Umi Salamah, S.Ag
Bidang Monev dan Pengembangan Informasi
:
1.    Agung Widhiyanto, S.Kom
2.    Iman Fikriyani, SP
3.    Dessy Widaryani, SE

Berdasarkan dari keterangan sdr. Aris Teguh Handoyo, A.Md selaku ketua HAPMI cabang kab. Tegal, ada beberapa agenda dalam waktu dekat dan beberapa agenda strategis yang akan dilakukan HAPMI Cabang Kab. Tegal diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Rapat pengurus untuk membahas terkait dengan kelengkapan organisasi dalam waktu dekat
2.    Audiensi kepada Pemerintah Daerah kab. Tegal terkait pembentukan secretariat harian dalam upaya percepatan pembangunan desa
3.    Membangun sinergitas kerjasama lintas program yang ada di kab. Tegal seperti program Pendampingan Desa, Program Kotaku, PKH, Pamsimas, HIV AID’s, Semedo, dll.
Itu tadi sekilas terkait beberapa gagasan serta langkah nyata yang dilakukan oleh DPC HAPMI kab. Tegal. Lalu seperti apakah Sejarah terbentuknya DPC HAPMI kab. Tegal? DPC HAPMI kab. Tegal lahir bukan tanpa sebab yang mendasarinya. Berawal dari serangkaian putaran diskusi yang diinisiasi oleh teman-teman fasilitator yang tergabung dalam sebuah organisasi yang bernama Forum Komunikasi Fasilitator Kabupaten Tegal (FKFKT), banyak sekali gagasan / ide yang kreatif seputar pengembangan desa. Namun ide serta gagasan berhenti di kepala dan tidak punya kaki untuk berjalan. Sehingga dalam beberapa proses putaran diskusi yang awalnya diinisiasi oleh beberapa teman fasilitator PNPM-MP (sekarang menjadi program Kotaku) muncul sebuah gagasan membentuk wadah bersama sebagai tempat menuangkan ide dan gagasan yang ada. Dari beberapa putaran diskusi yang cukup lama lebih dari 6 bulan, akhirnya pada tanggal 10 Oktober 2015 diadakan pertemuan anggota HAPMI yang ada di kabupaten Tegal yang isi kesepakatannya seperti yang sudah dituliskan diawal. Jadi dengan kata lain, FKFKT memiliki peran yang sangat besar dalam membidani proses kelahiran DPC HAPMI kab. Tegal provinsi Jawa Tengah. Semoga keberadaan DPC HAPMI kab. Tegal dapat membawa dampak perubahan sosial terlebih bagi percepatan pembangunan desa yang ada di kabupaten Tegal.

Semoga bermanfaat…
Salam Desa Mandiri…







2 komentar: