.

Selasa, 17 Mei 2016

ANEKA KERAJINAN KAYU


PRODUKSI
ANEKA MACAM KERAJINAN KAYU





Pondok Edukasi Desa [PED] dibangun bukan hanya semata-mata untuk memberikan penguatan kapasitas bagi masyarakat, tetapi juga bagaimana PED dapat memberikan aksesibilitas masyarakat terhadap “pasar” serta informasi-informasi yang dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas hidup. Sehingga dalam artikel-artikel yang ada dalam PED, selain materi pembelajaran terdapat informasi-informasi seperti lowongan pekerjaan yang mungkin dapat diakses oleh masyarakat.

Selain itu, PED berupaya mendekatkan masyarakat kepada pasar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menampilkan produk-produk lokal masyarakat desa agar lebih dikenal secara luas dengan harapan dapat membantu pemasaran produk-produknya. Untuk itu PED akan sangat senang sekali jika ada yang berkenan memberikan kontribusi tulisan baik dalam bentuk artikel atau apapun yang berkaitan dengan produk-produk masyarakat desa. Bagi para pegiat desa / UKM, bagi KSM-KSM dibawah naungan BKM yang ingin mengembangkan pemasaran produk usahanya, dapat mengirimkan artikelnya ke email PED : pondok.edukasidesa@gmail.com

            Dalam tulisan kali ini PED akan mengulas tentang aneka macam produksi kerajinan dari kayu. Berangkat dari sebuah keinginan yang kuat untuk memiliki usaha mandiri, sekitar tahun 2010 beberapa pemuda yang ada di desa Mlese kec. Gantiwarno kab. Klaten Jawa Tengah memulai usaha baru dengan membuat aneka macam kerajinan dari kayu. Kelompok pemuda yang terdiri dari lebih kurang 10 orang, membentuk kelompok usaha dengan nama Gapokdes Desa Mlese. Dilihat usahanya cukup potensial dan berkembang, karena keterbatasan alat produksi Gapokdes mendapat bantuan dari sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat berbagai macam alat produksi seperti mesin bor, mesin gergaji, mesin bubut, pahat dan alat-alat pertukangan lainnya.
Awalnya membuat mainan kuda jungkit dari kayu, karena pemesanan bertambah serta adanya berbagai macam pesanan produk, akhirnya berkembang tidak hanya membuat mainan kuda jungkit saja tetapi berkembang lebih luas membuat mainan bus, mainan edukatif untuk anak PAUD & TK, hanger & tempat sabun untuk perlengkapan rumah tangga & hotel, souvenir pernikahan (sisir, kotak cincin, dll), sangkar burung, dll. Pemasaran waktu itu sampai Salatiga, Jogja, Surabaya & Bali.
Dalam proses waktu yang cukup panjang + 6 tahun, usaha kerajinan kayu mengalami pasang surut. Salah satu faktornya adalah pemesanan yang kadang naik kadang turun. Saat pemesanan naik, terkadang sampai overload. Tetapi pada saat pemesanan turun, terkadang bingung harus mencari orderan. Pada saat kebanjiran order, itu bukanlah masalah yang serius. Tetapi pada saat kekurangan pesanan atau bahkan tidak ada pesanan, ini yang harus dicarikan solusi bersama. Untuk itu bagi siapa saja yang ingin pesan aneka macam kerajinan kayu :

      Alat mainan edukatif untuk anak PAUD
      Mainan kuda jungkit, mobil bus dari kayu
      Aneka sangkar burung berbagai jenis bentuk & ukuran
      Aneka hanger dari kayu untuk peralatan rumah tangga atau hotel
      Souvenir pernikahan (kotak cincin, sisir, dll)
      Tempat sabun, dll

Bahan              : Kayu jati & kayu lokal (sesuai pesanan)
Finishing          : Cat kayu,  melamine, politer, pernis (sesuai pesanan)





Info pemesanan hubungi sdr. Himawan, Telp/SMS/WA : 0856 4332 7321, atau dapat kunjungi di tempat produksinya dengan alamat : dk. Wiromardanai, ds. Mlese, kec. Gantiwarno, kab. Klaten Jawa Tengah.

Ingin berbagi pengalaman dan pasarkan produk…?
Kirimkan artikelmu ke sini : pondok.edukasidesa@gmail.com

Semoga bermanfaat…
Salam Desa Mandiri…


Kenalkan PRODUKMU pada DUNIA
Maka DUNIA akan mengenal PRODUKMU

Ingin pasarkan PRODUKMU…?
Ingin iklan GRATIS…?
Kontrak Iklan SELAMANYA…?

Kirimkan artikel produkmu di
Melalui email :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar