.

Minggu, 15 Mei 2016

PROSES PEMBUATAN BATIK

PROSES PEMBUATAN BATIK






Setelah mempelajari sejarah batik tegal dan berbagai macam motif batik tegal jadi penasaran untuk berkunjung ke beberapa pengrajin di daerah Talang. Awal bertemu dan berkenalan dengan seorang pengrajin di rumahnya, penulis ingin sekali bertanya tentang berbagai macam motif yang ada demi memperkaya referensi. Dan ada yang unik bahwa ternyata pengrajin tidak sepenuhnya mengetahui atau memahami berbagai macam motif batik. Termasuk batik yang sedang dalam proses pembuatannya pun bingung ketika ditanya “Ini motif apa mba?” Jawabnya : apa yah mas, kulone nggih bingung. Kulo nggih ngertose ndhog-ndhogan soale motife kaya endhog (apa ya mas, saya juga bingung. Saya ya ngertinya ndhog-ndhogan karena bentuk motifnya kaya ndhog atau telur).
Ketika ditanya motif sidoasih dan merakan juga bingung. Tetapi setelah ditunjukkan gambar motifnya, beliau langsung mengatakan wah “yen kie ta susah mas ngerjakane dan kedah telaten. Biasanipun motif kados ngeten hargane awis. Tapi kulo nggih saged menawi wonten pesenan (wah kalo kaya gini susah mas mengerjakannya dan butuh ketelitian. Biasanya motif kayak gini harganya mahal. Tapi saya bisa membuat kalo ada pesanan)”. Dari obrolan tadi menunjukkan bahwa pengrajin memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam membuat batik. Baru melihat dari gambar dan setelah tahu bentuk motifnya tetapi langsung bisa menjelaskan bagaimana cara membuatnya dan menyikapinya walaupun beliau tidak mengetahui nama-nama berbagai macam motif. Yang beliau pikirkan adalah bagaimana beliau bisa bekerja dengan ketrampilan yang dimilikinya. Sungguh sangat luar biasa semangat untuk mempertahankan hidup.
Dari obrolan demi obrolan, pengrajin menceritakan proses pembuatan batik dan cara perawatan batik. Peralatan & bahan yang digunakan dalam proses pembuatan batik diantaranya Kain, Canting, Malam dan Pewarna. Untuk pembuatan batik tulis, canting merupakan alat utama yang harus ada. Secara singkat ada 4 tahapan dalam proses pembuatan batik:
1.    Proses Canting adalah proses melukis motif kain dengan menggunakan alat yang namanya canting.
2.    Pemberian warna dasar, dibuat setelah kain selesai decanting / dilukis.
3.    Pemberian malam dengan seng
4.    Proses pewarnaan akhir, dilakukan dengan beberapa tahapan tergantung dari jumlah warna yang diinginkan.
Itu tadi sekilas perbincangan kami dengan salah seorang pengrajin batik di daerah Talang. Dan sekarang bagi yang berada diluar Tegal dan tertarik untuk membeli batik Tegal (cap / tulis) dapat menghubungi Ibu Ayu. WA : 081542074536, PIN BB : 2B3C52A0.
Atau dapat langsung datang sendiri ke Tegal sambil berwisata di GUCI, Waduk Cacaban, Pantai Alam Indah (PAI). Pokonya Tegal keren dech…!!!

Kenalkan PRODUKMU pada DUNIA
Maka DUNIA akan mengenal PRODUKMU

Ingin pasarkan PRODUKMU…?
Ingin iklan GRATIS…?
Kontrak Iklan SELAMANYA…?

Kirimkan artikel produkmu di
Melalui email :



Bacaan terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar